Pilih Mobil Matic Atau Manual, Ini Dia Perbedaannya

Pilih Mobil Matic Atau Manual, Ini Dia Perbedaannya

Pilih Mobil Matic Atau Manual, Ini Dia Perbedaannya

Jenis mobil baru kini sudah banyak bermunculan baik jenis mobil matic maupun jenis mobil manual. Bagi kamu yang ingin membeli mobil dan masih bingung untuk pilih mobil matic atau manual maka harus bisa mengetahui perbedaannya. Kelebihan dan kekurangan mobil juga harus kamu pertimbangkan dengan baik agar nantinya tidak menyesal. Beredarnya jenis mobil inilah menjadikan adanya perbedaan yang dimunculkan. Namun, masih banyak yang belum mengetahui perbedaannya. Maka dari itu akan kami bahas perbedaan mobil matic dan mobil manual berikut ini:

  1. Pengoperasian

Pengoperasian untuk mobil manual ini cukup aktif baik tangan maupun kakinya. Karena kaki kiri kamu gunakan untuk menekan kopling dan kaki kanan untuk menginjak rem serta gas. Kemudian selain itu juga tangan kanan kamu tentunya untuk mengendalikan setir dan tangan kiri untuk melakukan perpindahan gigi. Sedangkan mobil matic lebih praktis untuk pengoperasiannya, lho. kaki kananlah yang sering berguna untuk menginjak pedal gas dan juga rem. Tangan kiri jarang melakukan perpindahan gigi sehingga menjadi cukup bebas dan akan lebih nyaman.

  1. Bahan Bakar

Bahan bakar untuk mobil matic sendiri lebih boros jika dibandingkan dengan mobil manual. Hal tersebut dikarenakan mobil transmisi matic kinerjanya mesin jauh lebih berat. Sehingga mengakibatkan membutuhkan bahan bakar yang lebih cepat habis yang bisa membuatmu boros bahan bakar.

  1. Kenyamanan

Kenyamanan baik dari kamu pilih mobil matic atau manual inilah yang akan kamu pertimbangkan. Apalagi bagi kamu yang sering melakukan perjalanan jauh. Jika dilihat dari segi kenyamanan maka mobil matic ini sangat diunggulkan dibandingkan mobil manual. Karena perpindahan transmisinya yang lebih halus dan nyaman, sedangkan mobil manual perpindahan transmisinya terasa kasar.

  1. Perawatan

Perawatan yang kamu perlukan untuk mobil matic jauh lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual. Hal tersebut dikarenakan harga sparepart, kopling, dan alat yang lainnya dari mobil matic jauh lebih mahal. Selain itu juga ada salah satu jenis mobil matic yang apabila menempuh jarak 50.000 km harus diganti plat koplingnya.

  1. Tranmisi

Jenis tranmisi yang ada pada mobil matic jauh lebih lengkap dibandingkan dengan mobil manual. Jika mobil manual masih menggunakan gigi, sedangkan mobil matic hanya main di pedal gas sehingga lebih praktis. Perbedaan inilah yang bisa kamu jadikan acuan untuk pilih mobil matic atau manual, ya.

 

%d blogger menyukai ini: