Perubahan pada MOT 2018: Apa yang Harus Anda Ketahui

Perubahan pada MOT 2018: Apa yang Harus Anda Ketahui

Perubahan pada MOT 2018: Apa yang Harus Anda Ketahui

Pada 20 Mei 2018, sistem MOT berubah, dengan peraturan baru untuk Vehicle of Historical Interest (VHI) di atas 40 tahun. Artikel ini dimaksudkan untuk menyoroti perubahan tersebut, klarifikasi tindakan apa yang perlu diambil oleh pemilik.

 

Pembebasan MOT

Salah satu perubahan terbesar untuk pemilik kendaraan klasik adalah bahwa VHI yang berusia lebih dari 40 tahun mungkin dibebaskan dari pengujian tahunan MOT, selama mereka belum ‘berubah secara substansial’ dalam 30 tahun terakhir. Secara kritis, pengecualian tidak akan otomatis, bahkan untuk mobil yang sudah dibebaskan (pra-1960) dan yang terdaftar di kelas pajak Kendaraan Bersejarah. Oleh karena itu, pemilik harus menyatakan pengecualian setiap kali mereka memungut VHI; rincian tentang bagaimana melakukan ini di bawah ini.

 

Apa yang dimaksud dengan ‘perubahan substansial’?

Agar memenuhi syarat untuk pengecualian untuk pengujian MOT, VHI tidak boleh ‘berubah secara substansial’ dalam 30 tahun terakhir, di area komponen utama chassis, gandar & perlengkapan berjalan, atau mesin. Informasi lebih lanjut ada di sini, tetapi secara umum jika perubahan telah dilakukan untuk meningkatkan keselamatan, menggunakan bagian pengganti dari desain yang sama seperti aslinya, atau menggunakan desain mesin dasar yang sama, maka ini tidak dianggap substansial. Oleh karena itu, contoh-contoh berikut tidak akan dianggap substansial:

 

  • MGB ‘Heritage’ bodyshell (desain yang sama seperti aslinya).
  • Ganti mesin Alfa 1300cc 4-silinder asli Nord dengan Nord 4cc 2000cc
  • Pasang rem cakram depan depan pada VW Tipe 2 awal (peningkatan keamanan)

 

Namun, contoh berikut ini akan dianggap substansial:

 

  • MGB bertubuh kembali sebagai balap khusus.
  • Mengganti mesin Alfa Nord dengan mesin Alfa V6 Busso (kapasitas silinder yang berbeda)

 

Memasang gandar atau suspensi yang jauh berbeda (Porsche pada VW, misalnya).

Tanggung jawab untuk memastikan VHI yang dinyatakan memenuhi kriteria jatuh pada pemilik sebagai bagian dari due diligence-nya. Jika mereka tidak yakin statusnya, pemilik didorong untuk berbicara dengan klub pemilik masing-masing atau mencari ahli melalui situs web FBHV

%d blogger menyukai ini: