TIPS KEUANGAN AGAR BISA MEWUJUDKAN IMPIAN BELI RUMAH IDAMAN

TIPS KEUANGAN AGAR BISA MEWUJUDKAN IMPIAN BELI RUMAH IDAMAN

Bagaimana caranya?

Seperti telah disebutkan tadi, kamu perlu menabung dengan rutin dan terencana. Sejak mendapatkan gaji pertamamu di usia 22 – 23 tahun, tanamkan tekad kuat untuk menabung. Sisihkan setiap bulan demi mengantongi uang muka untuk rumah impian. Di usia 25 tahun kelak, kamu pun sudah siap mengajukan KPR.

Simak perhitungan berikut ini:

  • Harga rumah incaran saat ini (usia 22 – 23 tahun) : Rp150 juta
  • Estimasi harga rumah saat membeli (usia 25 tahun) : Rp240 juta (dengan perhitungan kenaikan harga rumah 20% per tahun atau Rp30 juta per tahun)
  • Estimasi DP 10%: Rp24 juta

Inilah jumlah uang yang harus ditabung:

Tabel di atas tanpa memperhitungkan bunga tabungan.
Tabel di atas tanpa memperhitungkan bunga tabungan.

Sebagai fresh graduate, kamu mungkin belum mendapatkan gaji yang tinggi. Dan kamu masih harus membagi keuanganmu untuk kebutuhan lainnya. Namun, usahakan mulai rutin menabung untuk membeli rumah. Dari tabel di atas terlihat bahwa kamu harus mulai menabung Rp600 ribu per bulan sejak mendapatkan gaji pertama atau selama tahun pertamamu bekerja.

Pada tahun selanjutnya, tingkatkan jumlah tabunganmu untuk membeli rumah menjadi Rp700.000 per bulan. Dan di tahun ketiga, tingkatkan lagi menjadi Rp800.000 per bulan. Jumlah uang yang harus kamu tabung per bulan terus meningkat karena seorang karyawan biasanya akan mengalami kenaikan gaji setiap tahunnya.

Di usia 25 tahun, tabunganmu sudah mencapai angka lebih dari Rp25 juta, cukup untuk membayar DP rumah bukan?

Jika kamu mengincar harga rumah yang lebih mahal, tentu saja kamu harus meningkatkan jumlah tabunganmu. Selain itu, kamu juga sebaiknya menyiapkan biaya ekstra untuk biaya-biaya selain DP yaitu biaya notaris, biaya provisi, biaya pajak, dan biaya asuransi properti.

Terkadang ada saja pengembang yang memberikan promo berupa DP yang sangat ringan atau bebas biaya-biaya lainnya. Kamu bisa saja memanfaatkan promo tersebut asalkan tetap teliti sebelum membeli.

Apakah cukup hanya dengan menabung?

Agar lebih ringan dalam mengejar kenaikan harga properti, kamu juga bisa menempatkan danamu pada instrumen investasi terlebih dahulu, misalnya reksadana.  Tujuannya tentu saja agar danamu berkembang.

dan apa bila pada saat nya ada kekurangan dana Anda bisa juga mengadaikan bpkb mobil Anda dengan proses cepat dan mudah contoh nya Anda bisa mengajukan gadai bpkb  mobil di JASAGADAIBPKBMOBIL.com

%d blogger menyukai ini: